Dalam tahun terakhir ini, kami telah menerbitkan lebih dari 500 terjemahan artikel Christianity Today dalam 14 bahasa. Kami senang mengetahui bahwa ada begitu banyak dari tulisan dan berita yang kami terbitkan telah menggema kepada para pembaca di seluruh dunia. Sekarang kami ingin membawa pengetahuan, perspektif, dan pemahaman teologis Anda kepada para pembaca kami yang berbahasa Inggris.

Tahun ini, kami mengadakan sebuah kontes esai dalam Bahasa Indonesia, demikian pula dalam bahasa Portugis, Spanyol, dan Perancis. Untuk mengikuti kontes ini, Anda perlu menuliskan karya tulis dalam bahasa Anda, dan tulisan tersebut akan dinilai oleh tiga hingga lima pemimpin Kristen dan teolog dari Indonesia. Esai yang menang akan diterjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris dan diterbitkan di situs web Christianity Today.

Esai Anda haruslah faktual, diteliti dengan baik, dan - seperti yang diperlihatkan dalam nama kami - berkaitan dengan kekristenan modern. Kami tertarik dengan esai-esai yang ditulis dengan baik, disertai dengan dukungan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, memberikan perspektif yang menyegarkan, dan menghubungkan pesan Injil dengan tren, budaya, peristiwa, dan berita masa kini. Mohon jangan hanya memberitahu orang-orang Kristen apa yang harus mereka lakukan, melainkan undanglah mereka untuk sungguh-sungguh memikirkan iman mereka dengan lebih baik, yang terkait dengan peristiwa dan persoalan tertentu.

Kami tertarik untuk membaca argumen-argumen yang unik dan mengejutkan, yang mengomunikasikan perspektif Injil terkait isu tertentu yang akan menarik perhatian pembaca dan membuat mereka lebih penasaran. Untuk jenis artikel yang memakai sudut pandang orang pertama, sertakan pengalaman pribadi Anda, untuk memperluas konsep iman dan kebenaran alkitabiah yang Anda sampaikan. Kami sangat tertarik sekali dengan kisah-kisah orang-orang Kristen yang menghidupi iman mereka dengan cara-cara yang unik yang berdampak bagi dunia dan mengomunikasikan kebenaran dengan cara yang mendalam, memberi nuansa yang berbeda, dan menantang.

Berikut ini adalah tiga tema yang dapat menjadi pilihan tulisan Anda:

Inkarnasi

Jelaskan tentang apa yang luar biasa mengenai inkarnasi di tahun 2021. Sebagai contoh:

  • Apa peristiwa-peristiwa terkini yang menyebabkan Anda berpikir secara berbeda tentang inkarnasi Kristus?
  • Bagaimana studi yang lebih mendalam tentang inkarnasi membentuk hubungan Anda?
  • Perspektif apa yang unik tentang inkarnasi dari budaya atau tradisi Anda yang dapat dibagikan kepada gereja di seluruh dunia?
  • Mengapa inkarnasi Kristus sangat bermakna dalam penginjilan, secara khusus dalam konteks budaya Anda saat ini?
  • Bagaimana pengalaman, relasi, atau peristiwa unik tertentu dari hidup Anda dapat berfungsi sebagai jendela refleksi yang lebih mendalam tentang inkarnasi?
  • Atau pertanyaan terkait lainnya yang menarik menurut Anda.

Restorasi dan Rekonsiliasi

Beritahu kami tentang hal mengejutkan yang Tuhan lakukan di tahun 2021 dan bagaimana Ia sedang menyelesaikannya. Sebagai contoh:

  • Mempertimbangkan adanya polarisasi politik yang kuat dan semakin banyaknya ujaran kebencian di berbagai konteks dunia, menurut Anda bagaimana orang Kristen dapat berkontribusi dalam mengembangkan pelayanan rekonsiliasi yang menyatukan orang-orang dalam nama Yesus, alih-alih memisahkan mereka?
  • Apa yang perlu diketahui oleh dunia tentang perubahan/pemulihan/pertumbuhan yang Anda lihat dari dekat?
  • Dalam konteks Anda, hal apa yang telah dilanggar oleh gereja lokal? Usaha-usaha apa yang telah dilakukan gereja lokal tersebut untuk mengatasi kerusakan yang ditimbulkan?
  • Adakah bagian tertentu dari Kitab Suci yang berbicara tentang pemulihan dengan cara yang sangat relevan dalam konteks budaya Anda saat ini? Jelaskan.
Article continues below

Free Newsletters

Sign up for our Bulanan [Monthly] newsletter: CT Indonesia mengirim konten Bahasa Indonesia dari ChristianityToday.com ke inbox email Anda.

More Newsletters
  • Adakah contoh pemulihan yang menarik perhatian (orang, kelompok, peristiwa, dll.) yang dapat menyampaikan kebenaran yang kuat bagi konteks gereja yang lebih luas?
  • Pernahkah Anda kehilangan iman karena Tuhan tidak memulihkan sesuatu dalam hidupmu? Bagaimana Anda bergumul dengan hal ini?
  • Bagaimana Roh Kudus menghidupkan pelayanan pemulihan? Pernahkah Anda melihat pekerjaan Roh yang membawa kesembuhan dan keutuhan di tengah kehancuran? Jelaskan.

Pengharapan

Ceritakan kepada kami, seperti apa pengharapan orang-orang Kristen di masa ini. Sebagai contoh:

  • Apakah ada saat-saat di mana orang Kristen harus menyerah dan berhenti berharap? Mengapa?
  • Apa yang secara khusus memberi Anda harapan di tengah kegelapan? Seperti apa sebenarnya pengharapan bagi seorang Kristen di saat-saat yang sulit?
  • Apa bedanya harapan Kristen yang sejati dengan pemahaman tentang harapan yang hanya bersifat sentimental dan emosional? Jelaskan.
  • Apa yang dibutuhkan oleh orang-orang Kristen untuk memiliki kredibilitas ketika mendorong orang-orang non-Kristen untuk berharap?
  • Bagaimana Anda memahami pengharapan sebelum pandemi? Bagaimana peristiwa baru-baru ini mengubah pemikiran Anda yang sebelumnya?
  • Bagaimana seharusnya gereja berharap bersama?
  • Bagaimana Anda menemukan harapan ketika memikirkan dan bergumul dengan isu perubahan iklim?
  • Ceritakanlah satu kisah atau contoh nyata dari konteks kehidupan Anda yang memperlihatkan pengharapan Kristen yang teguh!

Informasi Pendaftaran

Mohon email berkas pendaftaran ke MFennita@christianitytoday.com paling lambat 25 September 2021.

Cantumkan di bagian subyek email: "Kontes Esai Christianity Today - (Nama Lengkap)"

Nama dokumen esai: Nama terakhir, nama pertama - Judul

Kirimkan esai Anda berupa tautan (link) atau lampiran (attachment).

Sertakan nama lengkap Anda dan biodata singkat di email (sekitar 50 kata).

Infokan jumlah hitungan kata dari esai Anda.

Detail

Jumlah kata untuk setiap esai antara 1.200 hingga 1.500 kata, diketik 1 spasi.

Anda dapat mengirimkan lebih dari satu esai dan memungkinkan bagi kami untuk menerbitkan lebih dari satu kiriman esai per orang. Akan tetapi hanya satu esai per orang saja yang akan menjadi pemenang dan runner up.

Keterlambatan pengiriman esai akan mengakibatkan esai tersebut tidak dapat diproses lebih lanjut untuk keikutsertaan dalam kontes. Namun kami akan tetap mempertimbangkannya untuk dipublikasikan.

Semua konten harus orisinil.

Periksalah ejaan dan tata bahasa. Tautkan ke sumber luar mana pun jika ada.

Esai akan dinilai berdasarkan kriteria:

  • Gagasan (Orisinal, jelas, kreatif, dan relevan): 25%
  • Penguraian (Sistematis, analitis, alkitabiah, inspiratif, argumentatif, dan aplikatif): 50%
  • Penulisan (diketik rapih, ketelitian ejaan, kesesuaian batasan jumlah kata, gaya bahasa komunikatif dan mudah dipahami): 25%

Esai Anda akan diedit oleh editor Christianity Today sebelum dipublikasikan dan judul dapat diubah.

Pemenang dan Hadiah

Pemenang kontes esai [Bahasa Indonesia] adalah satu pemenang.

Pemenang akan mendapatkan:

Uang senilai $250

Berlangganan Christianity Today selama 3 tahun.

Esainya diterbitkan di situs web Christianity Today

Meski esai Anda tidak berhasil menang, kami mungkin akan tetap menerbitkannya. Oleh karena itu, ketika mengajukan esai dalam kontes ini, Anda setuju untuk mengizinkan esai Anda dipertimbangkan oleh editor Christianity Today untuk penerbitan di masa mendatang.

[ This article is also available in English español Português, and Français. See all of our Indonesian (Bahasa Indonesia) coverage. ]

Tags:
Posted: