Masa Natal tidak selalu penuh dengan keceriaan dan kegembiraan. Bahkan, bisa jadi masa Natal dipenuhi dengan sakit hati, kesedihan, air mata, dan derita. Saya sangat memahami hal ini. Sejak 30 Juni 2021, liburan keluarga saya diwarnai dengan air mata dan kesedihan. Pada hari itu, putri kami yang berusia 20 tahun meninggal dalam kecelakaan mobil yang tragis saat kami pulang liburan bersama. Dalam hitungan detik, anak sulung kami terenggut dari kami.

Kematian menjadi musuh kami. Saya benci kematian—saya lelah meneteskan air mata. Namun, jika hari di bulan Juni itu adalah hari kesedihan saya yang paling besar, maka Wahyu 21 adalah sumber pengharapan dan penghiburan yang terbesar bagi saya. Ini juga dapat menjadi sumber pengharapan dan penghiburan bagi Anda.

Dalam ayat-ayat ini, kita menemukan jaminan kemenangan kekal yang telah dijamin oleh Yesus bagi umat-Nya. Sang Gembala yang penuh kasih ini akan menghapuskan air mata kita dan membasmi dosa, maut, dan iblis untuk selama-lamanya. Itulah yang akan kita dapatkan di masa depan dan yang pasti dialami semua orang yang beriman.

Injil Yesus Kristus tidak hanya mencakup keselamatan jiwa kita. Injil ini mencakup pemulihan dan penebusan segala sesuatu yang hilang pada saat kejatuhan manusia di Kejadian 3. Pemulihan ini mencakup langit yang baru, Yerusalem yang baru, dan tubuh yang disempurnakan yang akan dibangkitkan untuk menghuni bumi baru yang mulia. Kita sangat menantikan transformasi seluruh alam semesta.

Visi tentang apa yang akan datang, yang digambarkan dalam Wahyu 21, akan memiliki kualitas yang baru dan karakter yang lebih unggul daripada yang kita miliki saat ini. Sama seperti teks ini memprediksi akan lenyapnya bumi yang sekarang, teks ini juga berbicara tentang awal yang baru dan mengagumkan. Bumi yang baru ini adalah tempat di mana kerajaan Kristus akan dinyatakan sepenuhnya; di mana Allah sendiri yang akan memerintah sebagai satu-satunya Raja atas segalanya, serta berdiam dalam kedamaian dan kuasa bersama umat-Nya.

Inilah esensi dari keselamatan—sebuah relasi pribadi yang intim dengan Allah sendiri, yang tidak akan berakhir dan untuk selama-lamanya. Tidak akan ada lagi partai-partai politik dan faksi-faksi dalam gereja yang saling bertentangan, karena kita semua akan disatukan untuk bersama-sama menyembah-Nya, melayani-Nya, memerintah bersama-Nya, dan mengelola bersama Dia. Tidak akan ada lagi kematian. Akan ada pekerjaan yang bermakna untuk diselesaikan; akan ada keluarga dan teman-teman untuk ditemani tanpa rasa takut akan perpisahan; akan ada pembelajaran dan eksplorasi dalam kekekalan. Hal ini akan menjadi penggenapan yang terjadi terus-menerus atas hasrat terdalam kita untuk bersatu dengan Tuhan dan sesama orang beriman.

Buletin-buletin gratis

Buletin-buletin lainnya

Pengharapan akan hari yang luar biasa itu membantu saya bertahan hingga hari ini, bahkan saat tragedi dalam keluarga kami dan kesedihan saat hari libur terasa sangat berat. Tuhan kita telah hadir di Natal pertama itu dengan penuh kerendahan hati, tetapi Dia akan datang kembali dengan kemenangan yang mutlak. Dahsyatnya visi yang diberikan kepada rasul Yohanes dalam kitab Wahyu ditutup dengan Tuhan berfirman, Ya, Aku datang segera!. Yohanes pun menjawab, bersama dengan setiap hati yang berduka, Amin. Datanglah, Tuhan Yesus!.

Craig Smith adalah gembala jemaat di The Vail Church.

-

[ This article is also available in English español Português Français 简体中文 한국어 繁體中文, and русский. See all of our Indonesian (Bahasa Indonesia) coverage. ]